Visi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan:
Unggul dan mendunia dalam mengembangkan keilmuan manajemen pendidikan berkarakter budaya kepulauan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang inovatif pada tahun 2045.
Misi Program Studi Magister Manajemen Pendidikan
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran magister yang berkualitas dan berkarakter budaya kepulauan, guna menghasilkan lulusan yang profesional, inovatif, dan berdaya saing nasional dan internasional di bidang manajemen pendidikan.
- Melaksanakan penelitian yang kompetitif dan kolaboratif dalam pengembangan ilmu manajemen pendidikan berbasis kepulauan, untuk menghasilkan karya inovatif dan teruji di tingkat nasional dan internasional.
- Mendiseminasikan dan mengimplementasikan hasil penelitian di bidang manajemen pendidikan bagi pembangunan masyarakat, dunia pendidikan, dan lingkungan, khususnya di wilayah kepulauan.
- Menyelenggarakan tata kelola program studi yang transparan, akuntabel, dan berkualitas, guna menunjang terciptanya lingkungan akademik yang kondusif dan profesional.
Tujuan Program Studi Magister Manajemen Pendidikan:
- Menghasilkan lulusan magister manajemen pendidikan yang unggul, profesional, inovatif, dan berdaya saing nasional serta internasional, dengan karakter budaya kepulauan.
- Menghasilkan penelitian di bidang manajemen pendidikan yang kompetitif, kolaboratif, dan berstandar internasional, guna mendukung pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan pemecahan masalah pendidikan di masyarakat.
- Menyebarluaskan dan mengimplementasikan hasil-hasil riset manajemen pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan, pembangunan masyarakat, serta kesejahteraan di wilayah kepulauan dan nasional.
- Mendorong terwujudnya tata kelola program studi yang transparan, akuntabel, dan berorientasi pada peningkatan kualitas tridharma perguruan tinggi.
- Meningkatkan peran serta program studi dalam pemberdayaan masyarakat dan pembangunan kualitas hidup melalui pengembangan pengetahuan, teknologi, dan seni yang relevan dengan kebutuhan lokal, nasional, dan global.
STRATEGI
Sasaran Strategis Strategi Pencapaian Visi Keilmuan
- Pendidikan dan Pembelajaran
– Mengembangkan kurikulum berbasis budaya kepulauan dan kebutuhan global.
– Meningkatkan kualitas pembelajaran melalui integrasi teknologi pendidikan.
– Memperkaya pembelajaran dengan studi kasus manajemen pendidikan di wilayah kepulauan.
– Menghadirkan pakar dan praktisi sebagai dosen tamu untuk memperkuat keterkaitan teori dan praktik.
– Menjamin akses pendidikan magister yang adil dan berkualitas.
- Penelitian
– Menghasilkan penelitian inovatif dan teruji di bidang manajemen pendidikan berbasis kepulauan.
– Fokus pada isu-isu strategis pendidikan di wilayah kepulauan dan nasional.
– Mendorong kolaborasi dan publikasi internasional.
– Meningkatkan perolehan hibah penelitian nasional dan internasional.
– Meningkatkan peran riset sebagai solusi permasalahan pendidikan di masyarakat.
- Pengabdian kepada Masyarakat
– Menerapkan hasil penelitian manajemen pendidikan dalam program pengabdian untuk pembangunan masyarakat.
– Memberdayakan masyarakat pendidikan di wilayah kepulauan melalui pelatihan dan pendampingan.
– Menjalin kemitraan dengan pemerintah daerah dan stakeholder pendidikan untuk solusi inovatif.
– Meningkatkan literasi dan kualitas hidup masyarakat melalui pengembangan keilmuan dan teknologi pendidikan.
- Pengembangan Jaringan dan Kemitraan
– Memperkuat kerjasama dengan perguruan tinggi dan lembaga di dalam dan luar negeri.
– Mengembangkan program pertukaran dosen dan mahasiswa di tingkat nasional dan internasional.
– Aktif berpartisipasi dalam jaringan penelitian dan forum keilmuan pendidikan.
– Mengadopsi dan membagikan praktik terbaik dalam manajemen pendidikan.
- Tata Kelola Program Studi
– Menyelenggarakan tata kelola program studi yang transparan, akuntabel, dan berbasis mutu.
– Optimalisasi layanan administrasi dan akademik berbasis teknologi.
– Melakukan evaluasi berkelanjutan untuk peningkatan kualitas tridharma perguruan tinggi.
– Menumbuhkan budaya akademik yang kondusif dan profesional.